Dialeg kendari – suka suka hati gw ajah ni :P

Indonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala
Tetap di puja-puja bangsa

Reff :
Di sana tempat lahir beta
Dibuai dibesarkan bunda
Tempat berlindung di hari tua
Tempat akhir menutup mata

Sungguh indah tanah air beta
Tiada bandingnya di dunia
Karya indah Tuhan Maha Kuasa
Bagi bangsa yang memujanya

Reff :
Indonesia ibu pertiwi
Kau kupuja kau kukasihi
Tenagaku bahkan pun jiwaku
Kepadamu rela kuberi

yuppy.. I Love Indonesia walaupun banyak markus didalamnya, banyak tukang korupsi, banyak teroris dan masih banyak jelek-jeleknya lagi.. yah.. itu lah Indonesiaku! 🙂 banyak keragaman didalamnya, dari pulau sumatra sampai papua, banyak suku-suku yang berbeda kebudayaan..

bagi yang udah sering kunjungan baik yang disengaja ataupun yang ga sengaja mampir di blog ini entah itu karena kesasar atau ga,  perlu kalian tau kalo gw berasal dari sulawesi tepatnya kendari, sulawesi tenggara :mrgreen: dari daerah kecil  eh ga deng dari kota kecil yang ampir sedang berkembang 😀 yang kalo lagi chating atau ngobrol ma orang diluar sulawesi selalu nanya : kendari tuh mana? 😦 sedihnyaaa.. 😥

Kendari guys.. Kendari ibukota sulawesi tenggara yang letaknya dipeta tepat dikaki huruf K itu Loh *maksa* hehehe.. gw mau kalian tau kota gw! 😆 gw sedikit mau share tentang dialeg kendari.. :mrgreen:

pernah tau ga sih kaLo orang kendari nanyain atau ngomong :

kamu mau kemana? bilangnya —> ko mau pi mana?

kata  kalian bilangnya —-> komorang/ korang

kata mereka bilangnya —> domorang/ dorang

kata `saya` sering disingkat menjadi `sa`, seperti kalimat : saya mau makan dulu. bilangnya —> sa makan dulu. :mrgreen: kata yang paling sering digunakan seperti : `mi, ji, pi, to, di’` contohnya seperti :

  • `sa jalan mi duluan nah` maksudnya `saya jalan duluan yah`
  • `sendiriku ji dirumah` maksudnya `saya sendiri dirumah`
  • `kesini pi` maksudnya `ayo kesini`
  • `ndak apa ji toh?` maksudnya `ga apa-apakan?`
  • `biarkan mi di’` maksudnya `biarkan ajah yah`

jadi, menurut gw pribadi tanpa lileratur apapun dan menyimpulkan sendiri sesuka hati gw 😆 kata `mi` digunakan untuk mengajak atau memberikan informasi,  kata `ji` digunakan untuk menerangkan kepunyaan, atau dapat juga berarti `saja`, kata `pi` mempunyai makna mengajak juga, hampir sama dengan kata `mi` hanya pemakaiannya disesuaikan dengan kalimat yang mana lebih tepat aja 😛 dan yang terakhir itu kata `di’` dalam pengucapan katanya ada penekanan, pengguanannya lebih sering untuk kalimat pertanyaan, makna katanya hampir sama dengan  kata `yah`. :mrgreen:

*sa kira seperti mi yang sa bisa jelaskan nantipi untuk selanjutnya dan untuk lebih tepatnya sa tanya-tanya dulu orang-orang, sa kumpulkan komentarnya domorang baru sa posting lagi.. hahahaha.. <— gw harap kalian ngerti :mrgreen:

well.. gw pikir seperti itulah kawan, mohon maap kalau ada yang ga sesuai dan malah makin buat binggung 😛 soalnya nenek gw punya nenek sampai nenek – neneknya lagi dan nenenknya nenek lagi (bingung kan loh?) 😛 ga pernah ngajarin dan nerangin arti kata-kata itu dan kenapa sampai dialeg kami di kendari seperti itu 😀 semua yang diatas berasarkan apa yang ada diotak gw ajah.. wkwkwkwk..

40 responses to this post.

  1. kompi mana gan? =))

    Reply

  2. Very useful! Thnks for sharing

    Reply

  3. Ya, saya tahu Fitri dari Sulteng. 😀
    Wah, bisa belajar bahasa daerah nih. 😀 Tinggal aksennya aja yang dirubah. 😉

    Reply

    • yah.. ini nih.. \ga tau kan kendari itu, Kendari bukan sulteng tapi sultra,,,
      kalo sulteng mah sulawesi tengah 😀
      hehehe.. iya..
      kapan saya ajarin yah :mrgreen:

      Reply

  4. lupa imbuhan kah …. menyatakan ketakjuban (haha) nanti z usul sama pemkot kasi masuk namamu sanggar budaya tenggara :-bd

    Reply

  5. Itu salah satu lagu wajib saya saat kecil dulu, sekarang jarang sekali sempat menyanyikannya lagi…

    Bahasa itu keunikan dan cita rasa daerah masing-masing, itu kan yang menjadi keindahan kemajemukan Indonesia 🙂

    Reply

  6. WAH nICE POSTINGAN …. I Love U Indonesia ….
    Sudah Lama tidak melihat jiwa muda yang Nasionalisme …. Merdeka dan tetap semangat membangun Indonesia yang lebih makmur dan Jaya …..

    Reply

  7. wah jauh juga saya tersesat dikendari.. 🙂
    salam kenal, baru mampir

    Reply

  8. Posted by delia4ever on April 10, 2010 at 20:36

    semakin bertambah kamus bahasa ku.. heheheh….
    lain kali boleh belajar ama vi ya .. hehehe

    makasih lo sharingnya

    Reply

  9. Wah mungkin perlu kenalan sama bli TuSuda dulu tuh mas Cahya.
    Salam dari kalimantan.

    Reply

  10. kendari….jadi tahu nih….kendalikan diri ya….he..he

    Reply


  11. Kalo emang asli kendari ko gak pake kata sa tapi Gw..
    Ha..ha..ha..
    😛

    Pantai dikendari bagus, penghasil ikan laut juga kan..
    😉
    ..

    Reply

    • kalo saya pake kata ‘sa` pasti banyak yang ga ngerti 😛
      iyah, apalagi di wakatobi… masih sulawesi tenggara juga tp lumayan jauh dari kendari 😀

      Reply

  12. wah2, deket berarti sama kampung saya (kaltim) hehe… walaupun bahasa asli saya juga gak bisa, salam kenal.

    Reply

  13. Les Private Bahasa Kendari singkat niyh!…
    Kapan2 les lagi ahhhh..

    Reply

  14. saya dulu tinggal di palu enam tahun…dialegnya rada mirip-mirip yah… 😀

    Reply

  15. Posted by hellgalicious on April 13, 2010 at 10:33

    hahaha ko lucu-lucu ih
    katanya disingkat singkat

    hihihii

    Reply

  16. nice posting gan,

    yang kayak gini mi bisa bikin maju Kendari…
    bangga2 tohh dengan daerah sendiri, ndk kalahji itu kotanya kita dengan kota2 lain…. 😀

    Reply

  17. Posted by shara on April 28, 2010 at 22:26

    keren mu di fit,,,ckckckck,,,sa bangga punya teman kyak kw pha,,
    ntar ko ke makassar mi,,bru ko bljr logat sini,,,,
    ntar ko bkin kan mi juga posting kyak bgn,,psti keren kasiann

    bdw,,ko lupa *kasian…
    slma sa di makassar,,org2 sini salalu ktwan kalo sa blg *kasian
    mknya sa bljr2 mi blg *kodong -> a.k.a *kasian

    wkwkwkwkwk

    Reply

  18. Posted by Sary on April 30, 2013 at 15:16

    Hai,gw comenin dh blog u, gw pernah 1th d kendari 2009 ampe 2010,wlu gw ga trllu lama knal orang2 kendari,mrk baik n ramah2 ko,malah gw jd pgn k sana lg,

    Reply

  19. Posted by Eugeni Rosalina on December 11, 2013 at 23:07

    ada yang tahu arti kalimat ini..pattukanga uddaniku…klo gag salah itu bahasa kendari juga ya? plis replay.Thanks

    Reply

  20. Posted by toleransi on December 26, 2013 at 22:35

    ada yang tau arti kata pacea? ketempatta?

    Reply

  21. aneh aneh ya bahasa nya , tapi jadi mau belaja nahasa kendai juga dih 🙂

    Reply

  22. Posted by indah on July 3, 2014 at 11:38

    Sa suka sekali, dan mau belajar bahasa sana, cz sa punya pacar orang muna,, Like

    Reply

  23. Posted by adnan on September 29, 2014 at 12:44

    Ibu saya orang kendari, tetapi saya blm sekalipun menginjakan kaki disana

    Reply

  24. Posted by toni dms on July 1, 2015 at 01:07

    Mantap

    Reply

  25. Posted by toni dms on July 1, 2015 at 01:09

    bisa blajar daerah ni. Skalian nambah temen. Add my fb ya. Toni DMS

    Reply

  26. Posted by Yuki rzf on February 12, 2017 at 06:41

    diatas katanya “mi” digunakan untuk mengajak atau memberikan informasi y kan? nah kalo kalimat “kenapa mi katanya?” bukannya itu kalimat pertanyaan? hayoo :v
    au ah gagal faham gua

    Reply

Leave a Reply

